Belajar Menjadi Jurnalis [part 1]

Belajar menjadi jurnalis
sumber : https://unsplash.com/photos/y02jEX_B0O0?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Seorang jurnalis jika dipikir-pikir adalah seseorang yang berperan sangat penting dalam proses peradaban. Banyak sekali literatur-literatur yang bisa kita dapatkan tentang masa lalu, dari para jurnalis yang mendokumentasikan berbagai peristiwa disekitarnya. Tentu saja mereka bisa jadi para penulis yang mungkin melalukan aktifitas menulis karena keadaan terpaksa, dipaksa oleh penguasa saat itu untuk menulis hal-hal baik saja tentang penguasa tersebut, tetapi juga ada penulis yang memang ingin karyanya dikenang sepanjang masa, demi masa depan, supaya menjadi pembelajaran bagi masa depan.

Inilah big why, bagaimana saya harus belajar menjadi seorang jurnalis, atau lebih luas lagi menjadi seorang penulis. Untuk bisa memberikan pembelajaran bagi masa depan. Apalagi tulisannya berupa tulisan dakwah, pastinya bukan hanya menjadi manfaat di masa depan, terlebih akan menjadi manfaat walaupun kita sudah tak lagi didunia.

Alhamdulillah, saya mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung kepada penulis kondang dalam dunia dakwah. Om Joy sebutannya. 

Kemarin ada tugas untuk memberikan kategori-kategori tulisan, berdasarkan pada tulisan beliau yang ini : https://www.tintasiyasi.com/2020/10/dont-get-confused-with-news-and-views.html 

Tugasnya adalah mengumpulkan tiga (3) tautan/link dari media massa daring (dalam jaringan/online) dengan mengkategorikannya sebagai berita tugas (straight news/SN), tautan/link tulisan yang terkategori selain SN, yaitu Opini (O), feature news (FN), dan editorial (E), masing-masing satu tautan/link. Beserta alasannya, kenapa dikategorikan kepada SN, O, FN atau E.

Dan AlhamdulIllah WasyukurIllah, saya berhasil mengumpulkan tugasnya dan diterima dengan baik oleh beliau. 

Berikut isi tugas saya : 


Lalu setelah diterima, sayapun bergabung dengan grup untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. 

Didalam grup tersebut, ada tugas juga, yaitu untuk memberikan komentar tentang tugas pertama dari teman yang lain. dan alhamdulillah saya bisa membedakan satu dari 6 tautan dari teman itu sebagai SN (Straight News). 

Berikut ini adalah komentar saya : 


Lalu Om Joy sebagai mentor, mengomentari komentar saya diatas dengan : 


Alasannya yang kurang pas. 

Jadi mesti banyak belajar lagi...
Ayo semangat...






Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement