Kacapi Suling

Siapa yang nggak tau kacapi suling?
ayo ngacung dipasar... hehehe... gapapa kok gak tau juga makanya kita kasih tau nih..

ini ana kopas dari wikipedia nih...
Kacapi suling is a form of Sundanese music from West Java. It is essentially tembang Sunda minus vocals, and also at interludes between songs at a typical Tembang Sunda performance. The higher pitched kacapi rincik, the lower pitched kacapi indung and the suling flute are the instruments used for kacapi suling. Kacapi suling has instrumental pieces performed in two different scales; the first four in laras pelog convey a light mood, the last four, in laras sorog are more slow and grave. The change to laras sorog usually takes place at midnight and lasts til sunrise.
Many hotels in Indonesia, especially in Bali, and other parts of the world like in Shenzhen China play this Sundanese music genre in their lobbies. Malaysia itself invited Sundanese Kacapi Suling experts from the Province of West Java to teach their expertise in Malaysia.

ama google translate begini katanya :
Kacapi suling merupakan bentuk musik Sunda dari Jawa Barat. Hal ini pada dasarnya minus vokal tembang Sunda, dan juga di selingan antara lagu pada kinerja Tembang Sunda khas. Semakin tinggi bernada Kacapi rincik, yang indung bernada rendah Kacapi dan suling flute adalah instrumen yang digunakan untuk Kacapi suling. Kacapi suling memiliki buah instrumental dilakukan dalam dua skala yang berbeda, empat pertama di laras pelog menyampaikan suasana hati yang ringan, empat terakhir, di laras sorog lebih lambat dan kuburan. Perubahan untuk laras sorog biasanya terjadi pada tengah malam dan berlangsung til matahari terbit.

Banyak hotel di Indonesia, khususnya di Bali, dan bagian dunia lainnya seperti di Shenzhen Cina memainkan genre musik ini Sunda di lobi mereka. Malaysia sendiri mengundang Sunda Kacapi Suling ahli dari Propinsi Jawa Barat untuk mengajarkan keahlian mereka di Malaysia.


Ini contoh lagu-lagu sunda.. enak banget pokoknya mah... yuk mari...
 

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement