5 Plugin Penting Wordpress

Alhamdulillah baru bisa posting blog lagi. Padahal terakhir kali saya posting blog beberapa tahun yang lalu, ketika masih bekerja di Kuningan Jakarta, sekarang baru bisa nge-blog lagi.

Kali ini saya mau share tentang plugins-plugins yang penting ketika kita menginstall wordpress pertama kali. Plugins ini penting sekali, karena banyak fungsinya, termasuk didalamnya fungsi untuk menambahkan watermark pada gambar-gambar yang kita posting, mempercepat load gambar, sampai SEO nya. Semoga postingan kali ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang mau tahu apa saja plugins yang diperlukan ketika pertama kali install wordpress di hosting kita. Mangga...

1. AMP

https://wordpress.org/plugins/amp/

https://wordpress.org/plugins/amp/
AMP sendiri sebenarnya adalah kepanjangan dari Accelerated Mobile Pages (Halaman untuk Mobile - smartphone, tablet, dan perangkat mobile lainnya - yang telah diakselerasikan). Kita tahu bahwa setiap web page (halaman web) pasti menambahkan file-file css, js, gambar, dan lain-lain. Tapi jika webpage kita sudah memiliki versi AMPnya, maka Google senantiasa akan menampilkan versi AMP terlebih dahulu dari webpage kita, sebelum menampilkan webpage yang bukan versi AMP. Lebih lanjutnya, silahkan dilihat di https://moz.com/blog/accelerated-mobile-pages-whiteboard-friday atau di https://googleblog.blogspot.co.id/2015/10/introducing-accelerated-mobile-pages.html.

2. Easy Watermark

https://wordpress.org/plugins/easy-watermark/
https://wordpress.org/plugins/easy-watermark/
Walau agak jadul (2 tahun yang lalu update terakhir), tetapi masih kompatible dengan versi wordpress terbaru (4.8). Plugin ini berfungsi untuk menambahkan watermark pada setiap kita mengupload gambar di wordpress. Jika sudah terlanjur diupload sebelum install plugin ini, plugin ini menyediakan bulk (memberikan watermark langsung pada semua gambar yang belum memakai watermark). Plugin ini juga bisa memilih satu atau lebih gambar yang ingin kita tambahkan watermark. Yang hebatnya lagi, watermarknya bisa berupa teks (teksnya juga kita pilih warnanya, penempatannya di bagian gambar sebelah mana, kemiringannya, dll) juga bisa berupa gambar.

3. Google Captcha (reCAPTCHA) by BestWebSoft

https://wordpress.org/plugins/google-captcha/
https://wordpress.org/plugins/google-captcha/
Plugin ini berfungsi untuk pengamanan situs wordpress kita. Jadi setiap kita login ke situs wordpress kita, kita harus mengidentifikasi dulu sebagai manusia (bukan bot) dengan menjawab pertanyaan, atau melakukan perintah yang disediakan google captcha. Fasilitas gratis dari google ini sangat membantu sekali untuk mengamankan situs wordpress kita yang biasanya orang lain bisa nyepam (bikin link di situs kita pada komentar) sekarang setidaknya yang mau nyepam, harus berhadapan dulu dengan google captcha. Adapun caranya adalah : silahkan ikuti panduan dari plugin tersebut, gak susah kok.

4. Jetpack oleh WordPress.com

https://wordpress.org/plugins/jetpack/
https://wordpress.org/plugins/jetpack/
Ini salah satu plugin yang dibuat oleh wordpress sendiri yaitu Jetpack. plugin ini menyediakan banyak sekali fitur, diantaranya : statistik situs, otomatis share ke medsos (media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, Reddit, and WhatsApp), related posts (posting yang berhubungan), SEO (untuk Google, Bing, Twitter, Facebook dan Wordpress.com) [versi berbayar dari plugin ini], dan Iklan (untuk versi berbayar dari plugin ini). Kalau dibandingkan dengan analytics punya google, plugin ini langsung bisa kita lihat statistik langsung dari website kita. Coba saja dulu, baru kerasa manfaatnya.

5. Linkify Text

https://wordpress.org/plugins/linkify-text/
https://wordpress.org/plugins/linkify-text/
Plugin ini berfungsi untuk menambah link untuk text yang ada pada halaman atau postingan kita secara otomatis. Misal kita akan menambah link pada setiap text "Wordpress" sehingga mengarah ke wordpress.com, maka secara mudah kita bisa menggunakan plugin ini. Plugin ini memiliki pilihan mendeteksi teks case sensitive atau tidak. Silahkan dicoba terlebih dahulu.

Sementara ini dulu yang bisa saya share, semoga bermanfaat untuk Anda yang masih bingung cari-cari plugin yang bagus dan penting untuk situs berbasis wordpress kita. Semoga bermanfaat. Jika bermanfaat, jangan lupa tambahkan blog ini sebagai referensi. Sebetulnya masih ada beberapa plugin lagi yang bisa saya share, tapi nanti saja tunggu kelanjutan dari artikel ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Alasan Memakai Framework PHP

cURL - perkenalan curl (part 1)